Evaluasi Penerapan E-Spt Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pelaporan Keuangan (Studi Kasus Pada KPP Pratama Karanganyar)

PURWATI, ANISYA DIAH (2012) Evaluasi Penerapan E-Spt Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pelaporan Keuangan (Studi Kasus Pada KPP Pratama Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1_.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Dalam rangka Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan modernisasi perpajakan atau program perubahan (change program) dalam administrasi perpajakan yang secara singkat, dengan memanfaatkan sistem informasi teknologi yang handal. Salah satunya dengan penerapan e-SPT untuk memudahkan Wajib Pajak dalam Pelaporan Pajak. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengevaluasi penerapan e-SPT PPh maupun e-SPT PPN terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam melaporkan SPT di KPP Pratama Karanganyar. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah Wajib Pajak yang terdaftar, Wajib Pajak Efektif, Wajib Pajak tidak Efektif, jumlah Pengusaha Kena Pajak, data-data dari buku literatur, undang-undang serta peraturan perpajakan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Pengusaha Kena Pajak hampir sebagian besar menggunakan e-SPT dalam melaporkan SPT PPN Masa dan PPnBM dibandingkan dengan PKP yang melapor SPT PPN Masa dan PPnBM dengan tidak menggunakan e-SPT (Non SPT) dilihat dari data tahun 2008 sampai 2010 yang melapor dengan e-SPT sebanyak 747, 817 dan 1.016. Jumlah Pengusaha Kena Pajak yang melapor tidak menggunakan e-SPT (non e-SPT) dari tahun 2008 sampai 2010 sebanyak 229, 337 dan 196. Sedangkan Wajib Pajak yang menggunakan e-SPT yang melaporkan SPT PPh Tahunan sangat sedikit hanya 1 sampai 3 Wajib Pajak, dikarenakan kurangnya pengetahuan Wajib Pajak tentang e-SPT.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-21
Uncontrolled Keywords: e-SPT, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2012 06:09
Last Modified: 26 Jun 2012 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17991

Actions (login required)

View Item View Item