Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2008-2010)

Santosa, Miftachul Chusna (2012) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2008-2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan infrastruktur dalam upaya membangun daerah dapat ditingkatkan jika daerah memiliki PAD yang cukup dan pemerintah pusat memberikan bantuan dengan kucuran dana perimbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh PAD dan DAU terhadap pengalokasian anggaran belanja modal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian empiris dengan menggunakan data empiris berupa keuangan daerah yang disertai dengan pengujian hipotesis. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data keuangan APBD Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2008–2010. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda melalui uji t, uji F, uji koefisien determinasi, namun sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PAD berpengaruh positif signifikan terhadap alokasi belanja modal Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Propinsi Jawa Timur tahun 2008-2010. Artinya pengeluaran belanja modal pemerintah daerah akan disesuaikan dengan perubahan dalam penerimaan pemerintah daerah; 2) DAU berpengaruh positif signifikan terhadap alokasi belanja modal Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Propinsi Jawa Timur tahun 2008-2010. Artinya setiap transfer DAU yang diterima daerah akan ditujukan untuk belanja modal pemerintah daerah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, belanja modal
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2012 09:45
Last Modified: 16 Apr 2012 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item View Item