Perbedaan Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Pada Mahasiswa Akuntansi Senior Dan Junior Dilihat Dari Segi Gender Di Surakarta

Wijaya , Muhammad Lhulud (2011) Perbedaan Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Pada Mahasiswa Akuntansi Senior Dan Junior Dilihat Dari Segi Gender Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persepsi adalah hal yang bersifat subjektif dimana setiap individu mengorganisasikan dan menafsirkan kesan indera mereka agar memberi makna pada lingkungan mereka, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang perlu diketahui baik dari dalam individu atau faktor psikologis maupun dari luar individu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Data diperoleh dengan menggunakan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Populasi dalam penelitian ini meliputi mahasiswa akuntansi junior, berasal dari angkatan 2010 dan mahasiswa akuntansi tingkat akhir yang telah menempuh lebih dari 120 SKS yang belajar di lembaga tinggi akuntansi yang terdapat di Wilayah Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang diperoleh diuji validitas, uji reliabilitas uji t dan uji one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan persepsi mengenai profesi akuntan antara mahasiswa junior dan mahasiswa senior. Hasil uji persepsi mahasiswa laki-laki senior dan junior terhadap profesi akuntan menunjukkan bahwa mahasiswa senior memiliki persepsi yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa junior dalam menilai akuntan sebagai karir, sebagai disiplin ilmu dan sebagai profesi. Sedangkan mahasiswa perempuan senior memiliki persepsi yang lebih baik dalam menilai akuntan sebagai profesi dibandingkan dengan mahasiswa perempuan junior. (2) Terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan dalam menilai profesi akuntan dengan mahasiswa laki-laki memiliki persepsi yang lebih baik disbanding dengan mahasiswa perempuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, profesi akuntan, mahasiwa akuntansi, gender
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Apr 2012 09:06
Last Modified: 16 Apr 2012 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17964

Actions (login required)

View Item View Item