Hamid, Abdul (2011) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan (Studi Situs Sd N Buko Demak). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
atribut_Abdul_Hamid.pdf Download (195kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Abdul_Hamid.pdf Download (269kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) ciri-ciri tata ruang Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan di SDN Buko Demak. (2) ciri-ciri hubungan profesional guru dan Kepala Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan di SDN Buko Demak (3) ciri-ciri dukungan kepala sekolah terhadap pengembangan profesional guru Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan di SDN Buko Demak. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Buko Demak. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tata ruang sekolah dasar pada komunitas keluarga nelayan di SDN Buko Demak dilakukan dengan baik. SDN Buko telah memiliki ruangan yang lengkap seperti ruang guru, kepala sekolah, kelas, perpustakaan, dan juga laboratorium komputer. Ruangan kelas telah memenuhi standar ruang kelas sekolah dasar, ukuran luas SDN demak adalah 9X7 m. Setiap ruang dilengkapi dengan meubelair seperti meja kursi, almari dan ornamen dinding yang ditata dengan rapi. Tata ruang sekolah memperatikan 7 komponen yaitu warna, kebersihan, udara, penerangan, keamanan, dan juga udara. (2) Hubungan profesional guru dan kepala sekolah dasar pada komunitas keluarga nelayan di SDN Buko Demak terjalin erat. Guru dan kepala sekolah melakukan kegiatan menciptakan iklim yang kondusif secara bersama-sama seperti pengambilan keputusan bersama mengenai penyelenggaraan. Jadwal kerja guru disusun bersama sesuai dengan kompetensi yang dimiliki guru. Kepala sekolah melakukan koordinasi dengan guru dalam melakukan evaluasi kinerja guru dan menyelesaikan konflik di sekolah baik berhubungan dengan orang tua siswa keluarga nelayan. (3) Dukungan kepala sekolah terhadap pengembangan profesional guru sekolah dasar pada komunitas keluarga nelayan di SDN Buko Demak dilakukan dengan baik. Kepala sekolah mengirim guru untuk mengikuti pelatihan dan juga study banding agar guru memiliki wawasan luas dalam melakukan kegiatan mengajarnya. Kepala sekolah memberikan motivasi berupa pemberian penghargaan, menyediakan dana dan mendorong guru untuk aktif dalam KKG serta memberikan kesempatan guru untuk melanjutkan studinya ke jenjang SI. Dukungan yang diberikan kepala sekolah tersebut, menjadikan guru mengelola pembelajaran dengan baik dan mampu menciptakan siswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, keluarga nelayan, implementasi, hasil |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2012 09:30 |
Last Modified: | 16 Apr 2012 09:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17963 |
Actions (login required)
View Item |