SUNARSIH, SUNARSIH (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Balok Ukur Panjang/Pendek Pada TK Pertiwi Japanan 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (170kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan permainan balok ukur panjang/pendek pada TK Pertiwi Japanan I Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B pada TK Pertiwi japanan I Cawas yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data melalui obsevasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan melalui 3 siklus. Diharapkan melalui permainan balok ukur panjang/pendek dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK Pertiwi Japanan I Tahun 2011/2012 dengan indikator pencapaian keberhasilan mencapai 80% maka penelitian dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan pembelajaran melalui bermain dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak TK Pertiwi Japanan I, Cawas, Klaten Tahun 2011/2012. Kemampuan berhitung permulaan anak meningkat dari kondisi awal sebesar 49,07% menjadi 61,11% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 71,29% pada siklus II dan meningkat menjadi 84,25% pada siklus III. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui permainan balok ukur panjang/pendek dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK Pertiwi Japanan I Tahun 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan balok ukur panjang/pendek, kemampuan berhitung. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Apr 2012 06:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2012 06:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17941 |
Actions (login required)
View Item |