Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Benda Tiruan Dan Gambar Di TK Pertiwi Karanglo, Klaten Selatan, Klaten Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

WARSINI , WARSINI (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Benda Tiruan Dan Gambar Di TK Pertiwi Karanglo, Klaten Selatan, Klaten Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (468kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui implementasi penggunaan benda tiruan dan gambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi anak TK B di TK Pertiwi Karanglo, Klaten Selatan, dan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan implementasi dengan menggunakan benda tiruan dan gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi anak diTK Pertiwi Karanglo, Klaten Selatan, Klaten. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara diskriptif, model alur, dengan tiga siklus yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf bagi anak TK B di TK Pertiwi Karanglo melalui penggunaan benda tiruan dan gambar sebelum tindakan sampai dengan siklus ke III yaitu sebelum tindakan 22%, siklus I 55%, siklus II 66%, dan siklus III 83%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan benda tiruan dan gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi anak TK B Pertiwi Karanglo, Klaten Selatan, Klaten. Saran-saran yang dapat penulis sampaikan kepada rekan-rekan guru TK : a) mengingat pentingnya alat peraga yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, b) dalam menyampaikan materi pembelajaran alat peraga yang digunakan buatlah menarik sehingga anak didik tertarik, aktif dan kreatif dalam mengembangkan kemampuannya, c) hendaknya dalam memberikan materi pada anak didik tidak harus mengacu pada buku saja, tetapi setidaknya guru dapat menciptakan suasana yang menyenangkan agar tidak merasa bosan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-30
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Benda Tiruan dan Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Apr 2012 11:32
Last Modified: 25 Jun 2012 07:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item