Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Metode Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B Tk Kemala Bhayangkari No. 60 Jatinom Jln. Raya Jatinom, Jatinom, Klaten Tahun 2011/2012

Apriyani, Purnaningtyas (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Metode Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B Tk Kemala Bhayangkari No. 60 Jatinom Jln. Raya Jatinom, Jatinom, Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbahasa anak usia dini perlu ditingkatkan oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini adalah dengan metode bercerita dengan boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berbahasa melalui bercerita bagi anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 60 Jatinom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 60 Jatinom tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaborasi, antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara dokumentasi dan observasi, data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatkan kosakata anak melalui pembelajaran metode cerita boneka tangan anak anak TK. Hal ini terbukti adanya peningkatan prosentase kemampuan berbahasa dan sebelum tindakan sampai siklus II yakni sebelum tindakan 5% siklus I mencapai 45% dan siklus II mencapai 75% oleh karena itu metode bercerita boneka tangan merupakan pembelajaran yang efektif dan kemampuan berbahasa bagi anak TK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan bahasa, bercerita, boneka tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2012 05:52
Last Modified: 13 Apr 2012 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17891

Actions (login required)

View Item View Item