Wigunarti, Rochmah (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi I Jomboran Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (203kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rochmah Wigunarti, Nim A53B090095. Peningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri Pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi I Jomboran Klaten. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa bagi siswa, khususnya pada kemampuan menyimak, mendengarkan, dan menceritakan kembali cerita di TK Pertiwi I Jomboran Klaten. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas B TK Pertiwi Jomboran I Klaten Tengah, yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 6 siswa putra dan 9 siswa putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus 2 kali pertemuan. Indikator kemampuan berbahasa anak adalah sebagai berikut: menjawab pertanyaan sederhana, berkomunikasi secara lisan dengan bahasa sendiri, mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara runtut, mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan kemampuan berbahasa melalui metode bercerita dengan gambar seri. Kemampuan berbahasa melalui metode bercerita dengan gambar seri, meningkat dengan baik, pra siklus 13,33% (2 anak) siklus I 33,33% (5 anak) siklus II 53,33% (8 anak) siklus III 80% (12 anak).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbahasa, metode bercerita, gambar seri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2012 04:32 |
Last Modified: | 13 Apr 2012 12:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17886 |
Actions (login required)
View Item |