Astuti, Dwi (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permaianan Kartu Kata pada Anak Kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (122kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran )
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan permainan kartu kata pada anak kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan menggunakan permainan kartu kata proses pembelajaran membaca permulaan pada kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan minimal 75% dari 14 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan permainan kartu kata yang mencapai ketuntasan sebanyak 3 anak (21,42%). Kemudian setelah diberi tindakan dengan permainan kartu kata pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 7 anak (50%), dan siklus II kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 11 anak (78,57%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar, membaca, permainan, kartu kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Apr 2012 05:48 |
Last Modified: | 12 Apr 2012 05:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17865 |
Actions (login required)
View Item |