Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual pada Anak Kelompok B TK ABA Dompyongan Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

RUBIYATI, SRI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual pada Anak Kelompok B TK ABA Dompyongan Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)

Abstract

Pembelajaran dengan media papan tulis dan kapur ternyata hanya menghasilkan 25% anak yang mampu membaca permulaan dengan baik. Padahal harapan guru 80% dari jumlah anak mampu membaca permulaan. Tujuan penelitian kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual pada anak kelompok B TK ABA Dompyongan Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Tahun ajaran 2011/2011. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting kelompok B TK ABA Dompyongan Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012.Data tentang perilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi sedangkan data tentang kemampuan membaca permulaan dikumpulkan dengan metode penugasan sedangkan analisis data menggunakan tehnik analisis komparatif. Kesimpulan hasil penelitian adalah bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK ABA Dompyongan Tahun ajaran 2011/2012. Adapun langkah-langkah penggunaan media audio visual yang berhasil adalah sebagai beriktu: (a) menyiapkan dan melakukan uji coba perangkat media sebelum anak memasuki ruangan pembelajaran; (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan berserta aturan mengikuti kegiatan; (c) mengkondisikan suasana kelas agar anak merasa senang dengan variasi kegiatan penunjang; (d) menghidupkan Laptop dan memproyeksikan Video melalui LCD Proyektor; (e) mengajak anak untuk melihat dan memperhatikan tampilan; (f) mengajak anak membaca secara bersama-sama; (g) guru menandai setiap huruf, suku kata atau kata yang dibaca dengan pointer: (h) menugaskan anak membaca sendiri-sendiri mengikuti video dengan cara guru mematikan speaker; dan (i) mengajak anak membaca bersama-sama dengan mengecilkan volume, atau memetikan speaker.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-06
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Audio Visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Apr 2012 11:17
Last Modified: 22 Jun 2012 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17850

Actions (login required)

View Item View Item