Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

Wardani,, Atik Lusiya (2012) Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab 2)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab 3)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing merupakan model pembelajaran yang mengharuskan siswa menyusun pertanyaan sendiri atau memecah suatu soal menjadi pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana yang mengacu pada penyelesaian soal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Pelaksanaan ini dilaksanakan dengan pembelajaran yang diakhiri postest pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dialog awal/wawancara, observasi, test dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data pada saat pembelajaran siswa dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan kelas sebesar 5%, sesudah tindakan naik menjadi 20%, 2) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebesar 15%, sesudah tindakan naik menjadi 30%, 3) keaktifan siswa di depan kelas untuk mempresentasikan di depan kelas 0% (tidak pernah presentasi), setelah tindakan naik menjadi 50%. Pada hasil belajar siswa sebelum tindakan didapat rata – rata 72,9 dan setelah diterapkan model Problem Posing Tipe Pre Solution Posing pada siklus I sebesar 79,7 dan pada siklus II diperoleh rata – rata sebesar 83,9. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem posing tipe pre solution posing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-04
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Problem Posing tipe pre Solution Posing, keaktifan, hasil belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 Apr 2012 11:18
Last Modified: 21 Jun 2012 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17847

Actions (login required)

View Item View Item