Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Bentuk-Bentuk Geometri pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi Jomboran I Klaten

NURLAILA, SITI (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Bentuk-Bentuk Geometri pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi Jomboran I Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok B di TK Pertiwi Jomboran I Klaten Tahun 2011/2012. Hal ini dikarenakan kemampuan berhitung permulaan anak masih rendah yang terbukti dalam satu kelas sebagian besar anak belum bisa menguasai berhitung terutama dalam hal penjumlahan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi I Jomboran tahun 2011/2012 yang berjumlah 20 anak didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang disertai pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan reflksi. Penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berhitung permulaan anak prasiklus 54,86%, siklus I 65,83%, siklus II 74,87%, dan siklus III 84,30%. Dari hasil penelitian berupa persentase tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa melalui permainan bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak didik kelompok B di TK Pertiwi Jomboran I Klaten Tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-04
Uncontrolled Keywords: Permainan Bentuk-bentuk Geometri, Kemampuan Berhitung Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:46
Last Modified: 22 Jun 2012 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item