Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak TK ABA Socokangsi II Kec. Jatinom Kab. Klaten Tahun 2011/2012

WIDATININGSIH, WIDATININGSIH (2011) Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak TK ABA Socokangsi II Kec. Jatinom Kab. Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan anak perlu ditingkatkan, karena kemampuan saat ini baru 40%, pada hal peningkatan kemampuan berhitung TK B diharapkan mencapai 85%. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung adalah dengan menggunakan media pohon hitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan media pohon hitung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK ABA Socokangsi II tahun pelajaran 2011/2012. Adapun jumlah anak didik kelompok B 21 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan kepala sekolah yang juga selaku guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung anak melalui media pohon hitung, dari kemampuan prasiklus sebesar 40,47%, siklus I 70,47%, dan peningkatan kemampuan berhitung siklus II mencapai 85,71%. Keberhasilan peningkatan kemampuan berhitung ini didukung oleh media pohon hitung dan metode pendukung yaitu belajar sambil bermain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-15
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung, Pohon hitung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:18
Last Modified: 22 Jun 2012 10:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17832

Actions (login required)

View Item View Item