Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep-konsep Sederhana Melalui Bermain Tebak-tebakan (Penelitian Pada Kelompok B TK Pertiwi Banyuaeng Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012)

TRI WULANDARI, YENI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep-konsep Sederhana Melalui Bermain Tebak-tebakan (Penelitian Pada Kelompok B TK Pertiwi Banyuaeng Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam bmengenal konsep-konsep sederhana melalui bermain tebak-tebakan pada kelompok B TK Pertiwi Banyuaeng Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan TK Pertiwi Banyuaeng, subyek penelitian adalah anak TK Pertiwi Banyuaeng yang berjumlah 14 anak. Data kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep-konsep sederhana dikumpulkan melalui observasi. Pelaksanaan bermain tebak-tebakan dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep-konsep sederhana melalui bermain tebak-tebakan. Hal ini diketahui dari hasil pada setiap siklus yaitu Siklus I 65,75%, Siklus II 73,85%, dan Siklus III 87,32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal konsep-konsep sederhana dapat meningkat dengan bermain tebak-tebakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-20
Uncontrolled Keywords: Permainan tebak-tebakan, kemampuan kognitif mengenal konsep sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:17
Last Modified: 25 Jun 2012 07:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17831

Actions (login required)

View Item View Item