Septiana, Vita (2011) Peningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Scramble Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Ketitang Juwiring Klaten Tahun 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02.hal_judul.pdf Download (164kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAPUS.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS melalui strategi pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Ketitang tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Ketitang Juwiring Klaten yang berjumlah 32 siswa dan guru kelas IV. Pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpilan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 02 Ketitang sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 13 siswa dengan presentase 40,63% setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 19 dengan presentase 61,29%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai ketuntasan belajar 84,37% atau 27 siswa. Dengan demikian penilitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran scramble dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, scramble |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Apr 2012 08:45 |
Last Modified: | 11 Apr 2012 08:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17820 |
Actions (login required)
View Item |