Rahayu, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Planted Questions Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (73kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dan secara khusus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia setelah menggunakan metode pembelajaran planted questions pada siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek penelitian yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dalam pelajaran bahasa Indonesia. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 60,25 dengan ketuntasan belajar 45%, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 69,55 dengan ketuntasan belajar 70%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 81,05 dan ketuntasan belajar 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode planted questions dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-05 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, planted questions |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Apr 2012 08:28 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 10:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17819 |
Actions (login required)
View Item |