Akhirusdiana, Yunita (2012) Peningkatan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Media Gambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Saren 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (161kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (689kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan media gambar ilustrasi di SD Negeri Saren 2?, (2) Bagaimana kemampuan siswa kelas V SD Negeri Saren 2 menulis karangan deskripsi berdasarkan gambar ilustrasi? Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, ketrampilan menulis deskripsi dengan media gambar ilustrasi di SD Negeri Saren 2, (2) Memaparkan kemampuan siswa dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran siswa kelas V SD Negeri Saren 2 menulis karangan deskripsi berdasarkan gambar ilustrasi. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Saren 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dapat disimpulkan (1) pembelajaran dengan media gambar ilustrasi mampu meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan nilai rata-rata awal siswa pada siklus I yaitu 62,5 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,5 (2) terdapat peningkatan keaktifan bertanya maupun menjawab pertanyaan dari peneliti. Terlihat bahwa pada siklus I siswa aktif bertanya dan menjawab 41,6 %. kemudian pada siklus II meningkat menjadi 65,1 % (3)meningkatnya perhatian dan minat siswa dalam menulis karangan deskripsi dan (4) meningkatnya keterampilan guru dalam mengelola kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menulis, Karangan Deskripsi, PTK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2012 04:57 |
Last Modified: | 11 Apr 2012 09:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17812 |
Actions (login required)
View Item |