Pengaruh Kedisiplinan BElajar dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N I Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011

LESTARI, IWAN TRI (2012) Pengaruh Kedisiplinan BElajar dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N I Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA N I Banyudono; 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA N I Banyudono; 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N I Banyudono. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Banyudono Boyolali yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil sebanyak 84 siswa dari 110 siswa populasi di SMA N I Banyudono Boyolali dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 55,854 + 0.170X1 + 0.192X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan kecerdasan spiritual. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA N I Banyudono dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 2.354 > 1.989 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,021 dengan sumbangan relatif sebesar 44.8% dan sumbangan efektif 15.9%; 2) Kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA N I Banyudono dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 22.810 > 1.989 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan relatif sebesar 55.2% dan sumbangan efektif 19.5%; 3) Kedisiplinan belajar dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA N I Banyudono dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 22,231 > 3,105dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,354 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 35,4%, sedangkan 64,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-03
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2012 10:19
Last Modified: 18 Jun 2012 05:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17806

Actions (login required)

View Item View Item