Pengukuran Segmentasi Pasar Pakaian, Studi Empirik Pada Konsumen Usia Muda

Saputro, Nugroho Eko (2012) Pengukuran Segmentasi Pasar Pakaian, Studi Empirik Pada Konsumen Usia Muda. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen, dalam melakukan suatu pembelian produk pakaian. Yaitu dengan memprediksikan perilaku pembelian konsumen terhadap suatu produk pakaian dengan melihat dari pembagian segmen berdasarkan karakteristik masing-masing konsumen. Penelitian ini menganalisis perbedaan orientasi belanja berdasarkan atribut yang melekat pada suatu pakaian, serta menganalisis perbedaan antara orientasi belanja berdasarkan manfaat dari pakaian yang akan dibeli. Dengan melihat dari segmen konsumen berdasarkan karakteristik belanja secara hedonis, rasional belanja, dan harga sebagai eksplorasi belanja. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Universiatas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Manajemen. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Metode yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis ANOVA. Hasil olah data dengan bantuan komputer program SPSS 11.5. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa orientasi belanja konsumen dapat dibedakan berdasarkan atribut pakaian. Hal ini bisa dilihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari pada tingkat signifikansi 0.05 yaitu nilai signifikansi pada merek sebagai niat pembelian kembali sebesar 0.007 dan utilitarian atribut 0.016. Serta juga diketahui bahwa orientasi belanja konsumen dapat dibedakan berdasarkan manfaat yang didapatkan dari pakaian. Hal ini bisa dilihat dari nilai signifikansi mode sebesar 0.000, untuk nilai signifikansi nilai merek 0.02, dan dari kenyamanan sebesar 0.001. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan orientasi belanja berdasarkan atribut yang melekat pada pakaian serta dalam melakukan pembelian berdasarkan atribut yang dilihat dari konsumen yaitu dari faktor merek dan utilitarian atribut. Serta terdapat perbedaan orientasi belanja berdasarkan manfaat yang didapatkan oleh konsumen dari suatu pakaian yang dilihat yaitu dari segi mode, nilai merek, dan kenyamanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B100/2012-19
Uncontrolled Keywords: Segmentasi pasar, Orientasi belanja, Atribut, Manfaat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2012 08:08
Last Modified: 26 Jun 2012 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17803

Actions (login required)

View Item View Item