Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Kecap Merek Udang di KAbupaten Grobogan

GUNAWAN, ANINDHITA ENDY (2012) Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Kecap Merek Udang di KAbupaten Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Kesetiaan konsumen terjadi apabila seorang pelanggan telah menunjukan sikap positifnya terhadap suatu produk tertentu dan selalu berniat untuk terus melakukan pembelian ulang di masa yang akan datang. Kesetiaan merek dipengaruhi secara langsung oleh konsumen, sehingga pengukuran terhadap kesetiaan merek dapat dilihat dari jumlah pelanggan yang berhenti menggunakan ataupun yang terus menggunakan suatu produk, dalam pengertian di atas yang terpenting adalah persepsi, bukan kondisi aktual. Dengan demikian, bisa terjadi bahwa secara aktual, suatu produk atau jasa mempunyai potensi untuk memenuhi harapan pelanggan tetapi ternyata hasil dari persepsi pelanggan tidak sama dengan apa yang diinginkan oleh produsen. Ini bisa terjadi karena adanya gap antara apa yang dipersepsikan oleh produsen (perusahaan) dengan apa yang dipersepsikan oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen kecap merek Udang di Grobogan. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 110 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil uji t menunjukkan bahwa citra secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 5,207 lebih besar dari t tabel 1,960. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 4,300 yang lebih besar dari t tabel 1,960. Hasil uji F menunjukkan bahwa citra dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini tidak ditunjukkan oleh nilai F sebesar 45,236 yang lebih besar dari F tabel 3,07. Nilai R2 sebesar 0, 458 atau 45,8% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa loyalitas konsumen (Y) dijelaskan oleh variabel citra (X1), kualitas produk (X2), sebesar 45,8% sementara sisanya sebesar 54,2% diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: citra, kualitas produk, loyalitas pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2012 07:59
Last Modified: 10 Apr 2012 08:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17802

Actions (login required)

View Item View Item