Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Yang Go Public di BEJ Tahun 2007-2009

ROSDIANA, ANA (2012) Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Yang Go Public di BEJ Tahun 2007-2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Pasar modal selalu menjadi obyek penelitian yang menarik untuk terus dikaji. Di dalamnya terdapat banyak variabel yang saling terkait satu sama lain, baik itu variabel ekonomi maupun non-ekonomi. Beberapa variabel ekonomi yang dianggap mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham yaitu profitabilitas perusahaan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added, Return on Assets, Return on Equity, dan Earning per Share terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2009. Berdasasrkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi perusahaan dan investor untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan investasi. Obyek yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu Seluruh perusahaan selama tiga periode yaitu tahun 2007-2009 dangan sampel yaitu perusahaan manufaktur. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 32 perusahaan. Analisis data dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan profil data, uji normalitas data dengan menggunakan one sample kolgomorov sminov test, pengujian dengan menggunakan Variance Inflation Factor dan Tolerance untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antar variabel indeenden, pengujian dengan menggunakan Durbin Watson untuk mendeteksi ada tidaknya autokorelasi, pengujian heteroskedastisitas untuk menguji ketidaksamaan varians dari residual, nilai adjusted R-squared untuk melihat koefisien determinasi, uji t untuk mengetahui pengaruh variabel independen secara parsisal, dan uji F untuk mengetahui apakah secara bersama-sama variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil analisis data, nilai adjusted R-squared yang diperoleh sebesar 0,533 yang berarti bahwa sekitar 53,3% perubahan yang terjadi pada harga saham disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada variabel bebas. Hasil uji t menunjukan bahwa hanya variabel return on assets dan earning per share yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. hasil uji F menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel EVA, ROA, ROE, dan EPS mempunyai pengaruh terhadap harga saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Economic Value Added, Return on assets, Return on Equity, Earning per Share, Harga Saham.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2012 07:31
Last Modified: 10 Apr 2012 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17801

Actions (login required)

View Item View Item