Wahyuni, Sri (2007) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT AMANAH UMMAH CABANG UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
B100030097.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah: 1) Apakah dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BMT Amanah Ummah cabang UMS? 2) Apakah dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BMT Amanah Ummah Cabang UMS? 3) Variabel apa yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah BMT Amanah Ummah Cabang UMS? Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah dari keseluruhan nasabah BMT Amanah Ummah Cabang UMS. Sampel penelitian yang diambil 100 nasabah yang bersedia menjadi sampel, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan metode convenience, artinya anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel dan berdasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji statistik, uji asumsi klasik Berdasarkan hipotesis 1: Diduga variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah BMT Amanah Ummah UMS. Hipotesis ini bisa diterima kebenarannya, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel (0,046; 0,017; 0,032; 0,007; 0,000 > 0,129). Hipotesis 2: Diduga variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah BMT Amanah Ummah UMS. Hipotesis ini bisa diterima kebenarannya, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (98,033 > 2,29). Hipotesis 3: variabel tangible mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan nasabah BMT Amanah Ummah UMS. Hipotesis ini bisa diterima kebenarannya, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi untuk variabel tangible adalah yang terbesar diantara koefisien regresi variabel yang lain. Sedangkan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 0,831 atau 83,1%, sehingga dalam penelitian memberikan kontribusi/sumbangan sebesar 83,1% dan sisanya 16,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan jasa, kepuasan nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 28 May 2009 07:50 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 03:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1778 |
Actions (login required)
View Item |