Ratnawati, Eva (2012) Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas IV B MI Negeri Andong Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
COVER.pdf Download (150kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran )
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui strategi Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV B MI Negeri Andong tahun pelajaran 2011/ 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang menerima tindakan adalah siswa kelas IV B MIN Andong yang berrjumlah 25 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa mulai dari keaktifan visual, verbal, mendengarkan dan menulis terlihat dari semakin bertambahnya jumlah siswa yang berpartisipasi dalam proses pembelajaran disetiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan dari pra siklus, siklus I hingga siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 36,00% dari jumlah siswa kelas IV B atau 9 siswa, meningkat 24,00% pada siklus I menjadi 60,00% atau 15 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 84,00% atau 6 siswa dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV B MIN Andong tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil belajar, strategi Think Talk Write |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 09 Apr 2012 04:26 |
Last Modified: | 09 Apr 2012 11:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17752 |
Actions (login required)
View Item |