Penerapan Metode Pembelajaran Discovery-Inquiry Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Lestari, Linda (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Discovery-Inquiry Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketidaksesuaian metode pengajaran Biologi dengan hakikat Biologi sebagai ilmu sains menyebabkan ketrampilan proses sains dan hasil belajar Biologi siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan proses sains dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII E SMP N 1 Gatak Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan metode pembelajaran Discovery-inquiry pada siswa yang berjumlah 40. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data diperoleh dari hasil rata-rata kelas meliputi aspek ketrampilan proses sains (KPS), aspek kognitif dan aspek afektif. Data untuk mengukur KPS dan aspek afektif diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan KPS dan aspek afektif siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung. Sedangkan, untuk mengukur hasil belajar aspek kognitif menggunakan instrumen soal post test yang didapat disetiap akhir siklus. Hasil penelitian tindakan kelas adalah peningkatan prosentase hasil belajar siswa untuk aspek kognitif banyaknya siswa yang memperoleh nilai =70 sebelum tindakan sebanyak 22 siswa (55%), siklus I aspek kognitif meningkat menjadi 28 siswa (70%); rata-rata aspek KPS sebesar 15,9 (termasuk kategori cukup berminat); dan rata-rata aspek afektif sebesar 13,3 (termasuk kategori berminat). Sedangkan, pada siklus II aspek kognitif meningkat menjadi 35 siswa (87,50%); rata-rata nilai aspek KPS sebesar 17,97 (termasuk kategori berminat); dan rata-rata nilai aspek afektif sebesar 15,3 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan nilai kognitif (87,50%>70%>55%); rata-rata nilai KPS (17,97>15,9); dan rata-rata nilai aspek afektif (15,3>13,3) menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Discovery-Inquiry dapat meningkatkan ketrampilan proses sains dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery-Inquiry, ketrampilan proses sains, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2012 06:25
Last Modified: 07 Apr 2012 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17746

Actions (login required)

View Item View Item