Pratiwi, Erna Dwi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Metode Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karang Anyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
COVER_DEPAN.pdf Download (52kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan metode Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Trengguli kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 01 Trengguli kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pada siklus I hasil ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal yang hanya 8 siswa 40% , menjadi 13 siswa atau 65%, hasil pembelajaran siklus II dari 20 siswa sebanyak 16 siswa atau 80% tuntas dan 4 siswa yang belum tuntas atau 20%, sedangkan pada siklus III jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 anak atau 95% dan yang belum tuntas satu siswa. Oleh karena itulah pada siklus III ketuntasan telah mencapai target dari indikator ketuntasan 90% dari KKM 70. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni ” Penerapan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Trengguli Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat diterima atau terjawab
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Metode Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 06:01 |
Last Modified: | 07 Apr 2012 07:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17741 |
Actions (login required)
View Item |