Rahmawati, Yusnita (2012) Proses Berpikir Siswa Sekolah Alam Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika (Studi Etnografi Kelas IV Alam Ungaran) UNGARAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (143kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa sekolah alam yang meliputi (1) proses berpikir siswa dalam memahami masalah matematika, (2) proses berpikir siswa dalam merencanakan dan melaksanakan penyelesaian masalah matematika. (3) proses berpikir siswa dalam menelaah kembali jawaban penyelesaian masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan adalah siswa dan guru kelas IV SD Alam Ungaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Proses berpikir siswa Sekolah Alam Ungaran dalam memahami masalah matematika yaiu dengan memahami kalimat tanya serta simbol dan angka yang terdapat pada soal. Siswa dengan imajinasinya dapat membuat suatu formulasi pertanyaan, dan memahami kedudukan serta fungsi simbol dan angka yang terdapat pada soal (2) Proses berpikir siswa Sekolah Alam Ungaran dalam merencanakan dan melaksanakan penyelesaian masalah matematika yaitu dengan menghubungkan apa yang diketahui dengan apa yang ditanyakan pada soal. Siswa memahami kalimat tanya sebagai apa yang ditanyakan pada soal dan memahami fungsi dan kedudukan simbol dan angka sebagai apa yang diketahui pada soal. Kemudian siswa menghubungkan keduanya dan memulai untuk menyusun suatu penyelesaian masalah. Siswa melaksanakan penyelesaian masalah dengan cara hitung yang mereka anggap mudah. Hal ini untuk meminimalisir kesulitan menghitung serta untuk meminimalisir kesalahan hitung yang dilakukan oleh siswa, (3) Proses berpikir siswa Sekolah Alam Ungaran dalam menelaah kembali jawaban yaitu dengan mengecek kembali hitungan jawaban penyelesaian soal. Sebagian siswa menghitung kembali dari awal, sebagian yang lain menghitung mundur jawaban soal dengan menggunakan operasi yang berkebalikan dengan operasi pada waktu melaksanakan penyelesaian soal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-12 |
Uncontrolled Keywords: | Proses Berpikir, Sekolah Alam, Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 04:54 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 04:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17737 |
Actions (login required)
View Item |