Setyawan, Hudi Ari (2012) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Question Student Have dan Pendekatan Giving Question and Getting Answer Ditinjau dari Keaktifan Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Kelas X Semester II Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (215kB) |
|
|
PDF (bab I)
03._BAB_I.pdf Download (907kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (917kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis dan menguji pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Question Student Have dan pendekatan Giving Question and Getting Answer terhadap prestasi belajar matematika, (2) Menganalisis dan menguji pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Menganalisis dan menguji pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran Question Student Have dan Giving Question and Getting Answer dengan keaktifan terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta semester II, yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas X - 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X - 5 sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Giving Question and Getting Answer dan Question Student Have terhadap prestasi belajar matematika dengan α = 5% , pendekatan pembelajaran Giving Question and Getting Answer menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pendekatan pembelajaran Question Student Have pada pokok bahasan Logika , (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan efek interaksi pendekatan pembelajaran Giving Question and Getting Answer dan pendekatan pembelajaran Question Student Have ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | question, giving, getting, answer, keaktifan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 04:12 |
Last Modified: | 07 Apr 2012 08:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17733 |
Actions (login required)
View Item |