Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Metode Learning Tournament pada Kelas V SD Negeri Krikilan I Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Safitri, Nur Any (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Metode Learning Tournament pada Kelas V SD Negeri Krikilan I Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Awal.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui strategi Learning Tournament pada siswa kelas V SD Negeri Krikilan I Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Krikilan I Kalijambe Sragen. Penelitan ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus. Dari tindakan siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan hasil belajar IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 39,02% (16 siswa) mendapat nilai ≥65 (KKM) dari 41 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 53,66% (22 siswa) dari 41 siswa. Pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 31,71% dari siklus I menjadi 85,37% (35 siswa) dari 41 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat dsimpulkan bahwa penerapan metode learning tournament dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SD Negeri Krikilan I Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Learning Tournament, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2012 10:24
Last Modified: 05 Apr 2012 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17723

Actions (login required)

View Item View Item