Nuryani , Dika Risty (2011) Perbedaan Pembelajaran Matematika dengan Strtegi Probing-promting dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa(Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Geyer Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek penggunaan strategi pembelajaran Probing-Prompting dan Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar, (2) perbedaan efek motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran Probing-Prompting dan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Geyer tahun ajaran 2011/ 2012 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 jalan dengan frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakan adalah metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan efek penggunaan strategi pembelajaran Probing-Prompting dan Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar dengan harga statistik uji FA yaitu 12,26 (2) Ada perbedaan efek yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan harga statistik uji Fb yaitu 9,606 (3) Tidak ada efek interaksi antara strategi pembelajaran Probing-Prompting dan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan harga statistik uji Fab, yaitu 0,598.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probing-Prompting, Reciprocal Teaching, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Apr 2012 08:21 |
Last Modified: | 05 Apr 2012 08:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17714 |
Actions (login required)
View Item |