Hartanto, Singgih Dwi (2012) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME)Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Bangun Ruang sisi Lengkung (PTK Pembelajaran Siswa Kelas IX Semester Gasal SMP Negeri 1 Kemranjen Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (224kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran )
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), dan (2) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Kemranjen yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengemukakan ide sebelum tindakan 5,7%, putaran I 14,3%, putaran II 34,3% dan di akhir tindakan 54,3%, b) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 8,6%, putaran I 25,7%, putaran II 60% dan di akhir tindakan 77,1%, c) mengajukan pertanyaan atau tanggapan kepada guru sebelum tindakan 2,8%, putaran I 11,4%, putaran II 28,6% dan di akhir tindakan 45,7%, d) menyanggah atau menyetujui jawaban siswa atau kelompok lain sebelum tindakan 20 %, putaran I 31,4%, putaran II 42,8% dan di akhir tindakan 57,1%, e) mengkontruksikan soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 31,4%, putaran I 51,4%, putaran II 74,3% dan di akhir tindakan 91,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, Realistic Mathematics Education (RME) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Apr 2012 06:36 |
Last Modified: | 05 Apr 2012 07:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17705 |
Actions (login required)
View Item |