Kurniawan, Risa (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia dengan Menerapkan Strategi Reading Guide Dikolaborasikan dengan The Power of Two Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_risa.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Surakarta melalui PenerapanStrategi Reading Guide dikolaborasikan dengan The Power Of Two. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan tindakan tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia kelas VII B SMP Negeri 22 Surakarta Tahun 2011/2012, sesuai dengan indikator hanya sebanyak 8 siswa (25%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui Strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan The Power Of Two dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil yaitu pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (56,25%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa (84,37%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu diharapkan dengan Penerapan Strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan The Power Of Two, keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia pada siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari 32 siswa. Berdaasarkan data hasil penelitian kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan The Power Of Two dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia pada siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A220/2012-07 |
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, strategi reading guide, the power of two. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Apr 2012 04:22 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 09:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17701 |
Actions (login required)
View Item |