PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH DIKOLABORASIKAN DENGAN SNOW BALLING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN Pkn PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 5 KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012

SABATINI , WIENDI EMILLIA (2012) PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH DIKOLABORASIKAN DENGAN SNOW BALLING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN Pkn PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 5 KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu untuk meningkatkan keaktifan melalui penerapan strategi Make A Match dikolaborasikan dengan Snow Balling dalam pembelajaran PKn pada siswa Kelas VIII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Kurangnya keaktifan siswa disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Solusi dalam mengatasi hal tersebut yaitu dengan penerapan strategi kolaborasi antara Make A Match dengan Snow Balling. Subjek penelitian yang menerima tindakan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII G yang berjumlah 33 siswa. Prosedur penelitian ini secara garis besar melalui empat tahapan antara lain, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan metode observasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu, sumber data yang berupa informasi dari guru PKn dan siswa Kelas VIII G, dan triangulasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh perincian sebagai berikut, pada kondisi awal sebelum tindakan, yang aktif 7 siswa (21,21%) dan yang pasif 26 siswa (78,78%) dari 33 siswa, kemudian setelah penelitian tindakan pada siklus I, yang aktif 21 siswa (63,63%) dan yang pasif 12 siswa (36,36%) dari 33 siswa. Pada tindakan siklus II, yang aktif 28 siswa (84,84%) dan yang pasif 5 siswa (15,15%) dari 33 siswa yang hadir. Berdasarkan hasil tersebut, maka melalui penerapan strategi Make A Match dikolaborasikan dengan Snow Balling terbukti dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran PKn pada siswa Kelas VIII G SMP Negeri Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Make A Match, Strategi Snow Balling, Keaktifan Siswa dan PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2012 11:34
Last Modified: 04 Apr 2012 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item View Item