DINI, ISNANI NURUL (2008) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIVAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410030133.pdf Download (84kB) |
|
PDF
A410030133.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar matematika, 2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa 3) interaksi antara model pembelajaran dan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III semester 1 SD Negeri 2 Wonorejo dan seluruh siswa kelas III semester 1 SD Negeri Donoyudan, sedangkan sample yang digunakan dalam penelitian ini terdidri dari dua kelas sebanyak 40 siswa yaitu kelas eksperimen dan kelas control diambil secara random. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mendapatkan data aktifitas belajar siswa dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika.teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan. Sebelum dilakukan analisis, maka dilakukan uji prasyarat yaitu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdsarkan hasil penelitian ini dengan = 5 % dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar matematika,dengan Fh = 6,796; 2) terdapat pengaruh keaktifan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fh = 5,310 ;3) tidak ada interaksi antara pembelajaran kontekstual dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan Fh = 0.620
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Matematika, Pembelajaran Kontekstual, Prestasi, Keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2009 07:36 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 03:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
View Item |