Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Surat Dinas Di Kantor Smp N 1 Selo Kabupaten Boyolali Periode Januari Sampai Maret Tahun 2011

WINARNO , AGUNG SETYO (2012) Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Surat Dinas Di Kantor Smp N 1 Selo Kabupaten Boyolali Periode Januari Sampai Maret Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
1._HAL_DEPAN.pdf

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab 2)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab 3)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab 4)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 5)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (daf. Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAKSI ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SURAT DINAS DI KANTOR SMP N 1 SELO KABUPATEN BOYOLALI PERIODE JANUARI SAMPAI MARET TAHUN 2011 Agung Setyo Winarno, A 310 070 031, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 86 halaman. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan kesalahan ejaan yang ada dalam surat dinas di kantor SMP N 1 Selo, Kabupaten Boyolali periode Januari sampai Maret tahun 2011, yang meliputi kesalahan penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, garis bawah dan cetak miring, penulisan kata depan. Kedua, mendeskripsikan kesalahan diksi yang ada dalam surat dinas di kantor SMP N 1 Selo, Kabupaten Boyolali periode Januari sampai Maret Tahun 2011, yang meliputi: kebakuan, kehematan, ketepatan. Ketiga, mendeskripsikan dampak kesalahan penulisan pada surat dinas tersebut. Objek dalam penelitian ini adalah kesalahan penulisan ejaan, kesalahan diksi, serta dampak kesalahan ejaan dan diksi terhadap penulisan surat dinas tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah dalam penelitian ini berupa arsip surat dinas surat keluar dari SMP N 1 Selo Kabupaten Boyolali periode Januari sampai Maret. Penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan teknik catat. Penelitian ini dilakukan dengan metode agih. Metode agih adalah metode yang alat penentunya adalah bagian dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri. Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan dalam penulisan surat dinas SMP N 1 SELO Kabupaten Boyolali periode Januari sampai Maret. Kesalahan- kesalahan yang terdapat di dalamnya adalah kesalahan ejaan dan diksi serta dampak yang timbul akibat kesalahan penulisan surat dinas tersebut. Kesalahan ejaan meliputi: a) penulisan huruf kapital, b) penggunaan tanda baca, c) penulisan huruf miring dan garis bawah, dan d) penulisan kata depan atau preposisi. Kesalahan diksi meliputi: a) ketidakbakuan kata, b) ketidakhematan kata, dan c) ketidaktepatan kata. Dampak kesalahan yang timbul adalah terdapatnya pengulangan-pengulangan yang sama pada penulisan surat dinas terutama pada penulisan alamat dan kop surat yang dicetak miring dan tempat pembuatan surat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan berbahasa, surat dinas, ejaan, diksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 04 Apr 2012 10:23
Last Modified: 04 Apr 2012 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17686

Actions (login required)

View Item View Item