Penerapan Strategi Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Sebagai Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran MAtematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi siswa kelas VII Semester Genap MTsN Nogosari Tahun 2011/2012)

Latifaturrohmah, Anggun (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Sebagai Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran MAtematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi siswa kelas VII Semester Genap MTsN Nogosari Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran ATI, 2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran ATI. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA MTsN Nogosari yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Himpunan. Hal itu dapat dilihat dari 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 22,72%, pada putaran I sebesar 33,33%, pada putaran II sebesar 38,09%, diakhir tindakan mencapai 55%. 2) kemauan siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 28,57%, pada putaran II sebesar 33,33%, diakhir tindakan mencapai 45%. 3) kemauan siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 22,72%, pada putaran I sebesar 28,57%, pada putaran II sebesar 38,09%, diakhir tindakan mencapai 50%. 4) kemauan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 13,64%, pada putaran I sebesar 23,81%, pada putaran II sebesar 33,33%, diakhir tindakan mencapai 50%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 63,18%, pada putaran I mencapai daya serap 71,43%, pada putaran II mencapai daya serap 76,19%, sedangkan diakhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran ATI dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Prestasi, ATI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2012 07:43
Last Modified: 04 Apr 2012 07:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17677

Actions (login required)

View Item View Item