Prestasi Belajar Ditinjau dari Profesionalisme guru dan Cara Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Masaran Tahun Ajaran 2011/2012

Devi, Marfuah Sinta (2012) Prestasi Belajar Ditinjau dari Profesionalisme guru dan Cara Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Masaran Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP N 2 Masaran; 2) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP N 2 Masaran; 3) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan cara belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP N 2 Masaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Masaran. Sampel diambil sebanyak 131 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji instrumen terlebih dahulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi: Y = 42,670 + 0,196X1 + 0,361X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan cara belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII SMP N 2 Masaran. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,368 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 2) Ada pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII SMP N 2 Masaran. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,470 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh profesionalisme guru dan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII SMP N 2 Masaran. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 16,348 > 3,067 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel cara belajar lebih dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel profesionalisme guru. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif, diketahui profesionalisme guru memberikan sumbangan relatif sebesar 17% dan sumbangan efektif sebesar 7,5%. Cara belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 63% dan sumbangan efektif sebesar 12,3%. Jumlah sumbangan efektif diperoleh sebesar 20,3%, hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan cara belajar terhadap prestasi belajar adalah 20,3% dan 79,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Cara Belajar, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Apr 2012 06:17
Last Modified: 04 Apr 2012 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item