Sudibyo, Tegas (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Pokok Bahasan Permintaan Penawaran Dan Harga Pasar Pada Siswa Kelas X 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02.HALAMAN_JUDUL.pdf Download (150kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS dapat meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Kelas X. 2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. 2). Untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS dapat meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X. 2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012 Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 Siklus .Siklus pelaksanaan PTK dilakukan melalui empat tahap, yakni : (1) Perencanaan Tindakan,(2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan Interpretasi (4) analisis dan Refleksi tindakan . Subyek Penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual berwawasan SETS pada siswa kelas X.2 SMA Negeri Karangpandan Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dimana guru sebagai peneliti berkolaborasi dengan guru bidang studi untuk melakukan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS Dapat Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Kelas X. 2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Pada siklus 1 mengalami peningkatan dalam kemampuan bertanya, kemampuan berpendapat, kemampuan bekerja sama, kemampuan mengerjakan soal (skor kurang dan cukup meningkat menjadi baik dan baik sekali). 2). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X. 2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012, dimana Jumlah siswa yang belum tuntas sebelum tindakan sebanyak 22 siswa dan setelah tindakan menjadi 34 siswa ( 94,5%) dan yang tetap belum tuntas 2 siswa ( 5,5%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kontekstual dan SETS, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 04 Apr 2012 04:17 |
Last Modified: | 04 Apr 2012 07:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17669 |
Actions (login required)
View Item |