Yuliana, Rosi (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Weru Tahun Ajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_depan.pdf Download (790kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran melalui metode pembelajaran berbasis Joyful Learning serta untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaaran matematika melalui metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Weru yang berjumlah 36 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII D SMP Negeri 2 Weru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan selama proses pembelajaran dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keaktifan, yaitu: (1) keaktifan siswa menanyakan materi yang belum jelas kepada guru meningkat dari 8, 33 % menjadi 52, 9 %, (2) keaktifan menjawab pertanyaan meningkat dari 11, 11 % menjadi 70, 6 %, dan (3) keaktifan dalam mengerjakan soal-soal latihan ke depan kelas meningkat dari 16, 67 % menjadi 55, 9 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis Joyful Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Weru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Joyful Learning, keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2012 07:56 |
Last Modified: | 03 Apr 2012 07:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17664 |
Actions (login required)
View Item |