KURNIAWATI, LINA (2012) Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know (Menggali Pikiran Yang Ingin Tahu) dan True or False (Benar Atau Salah)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Pokok BaHasan Ekosistem siawa kelas VII Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._halaman_depan.pdf Download (118kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan strategi pembelajaran Inquiring minds want to know dilanjutkan dengan True or False pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 sawit Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Untuk menjamin validnya soal, digunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode perhitungan sedarhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: melalui penerapan strategi pembelajaran Inquiring minds want to know dan True or False dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif siklus I sebesar 6,939 meningkat 0,439 dari nilai awal dengan SD; 0.092, siklus II sebesar 7,14 meningkat 0,201 dari siklus I dengan SD; 0,635 dan siklus III sebesar 7,41 meningkat 0,27 dari siklus II dengan SD; 0,395. Rata-rata nilai ranah afektif siklus I sebesar 17,86 dengan SD 0,79 kemudian ranah afektif siklus II sebesar 18,86 meningkat 1,0 dari siklus I dengan SD 2,41 dan ranah afektif siklus III sebesar 20,52 meningkat 1,66 dari siklus II dengan SD 1,14. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka strategi Inquiring minds want to know dan True or False dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Inquiring minds want to know dan True or false, Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2012 05:50 |
Last Modified: | 03 Apr 2012 07:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17655 |
Actions (login required)
View Item |