Wijayanto, Bastian (2012) Muatan dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter(Analisis Isi pada Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Karangan Saptono yang Digunakan di SMP Negeri 3 Kartasuara, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf Download (266kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran )
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mendeskripsikan muatan pendidikan karakter dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII karangan Saptono yang digunakan di SMP Negeri 3 Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011. 2) Untuk menggambarkan pelaksanaan penanaman pendi-dikan karakter dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII di SMP Negeri 3 Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan sumber data keadaan benda bergerak dan tidak bergerak yaitu buku PKn Kelas VII karangan Saptono, berupa orang yaitu kepala sekolah, guru PKn, guru agama, guru bimbingan konseling dan siswa. Teknik pengumpulan data menggu-nakan metode mengkaji dokumen/ simak, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triang-gulasi yaitu, pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari kepala sekolah, guru PKn, guru agama, guru bimbingan konseling, siswa dan dokumen berupa buku PKn. Kedua, trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif dengan analisis isi. Analisis interaktif dengan analisis isi digunakan untuk memban-dingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Muatan pendidikan karakter yang terkandung dalam buku ajar PKn Kelas VII karangan Saptono yang digunakan, sudah sesuai dengan Kurikulum dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) PKn, nilai-nilai karakter yang termuat dalam buku ajar PKn Kelas VII karangan Saptono meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi dan tanggungjawab ; 2) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran PKn oleh guru PKn, selan itu pelaksanaan pendidikan karakter juga dilakukan diluar kelas dalam lingkungan sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A220/2012-10 |
Uncontrolled Keywords: | Muatan Buku PKn, Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Pendidikan PKn. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 02 Apr 2012 05:13 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 09:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17636 |
Actions (login required)
View Item |