Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Diskusi Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Doplang Tahun Ajaran 2010/2011

UNTORO, UNTORO (2012) Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Diskusi Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Doplang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar di SMP N2 Doplang disebabkan ketidak tepatan dalam PBM. PBM yang dilaksanakan dengan menggunakan model ceramah sehingga membuat siswa ramai dan bosan. Peneliti memberikan alternatif baru dalam melaksanakan PBM yaitu dengan metode diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran dengan metode diskusi sebagai upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIII B SMP N2 Doplang tahun ajaran 2010/2011 dan mengidentifikasi peningkatan keterampilan berbicara siswa yang meliputi keterampilan bertanya dan menjelaskan serta keberanian untuk tampil di depan guna melaporkan hasil diskusi. Objek penelitian ini adalah kemampuan berbicara siswa yang dilakukan pada waktu berdiskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi kemampuan bertanya dan menjelaskan serta keberanian tampil didepan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan catatan lapangan. Wawancara dengan guru bidang studi dan kepala sekolah dilakukan mulai dari dialoq awal sampai penyimpulan hasil penelitian. Observasi dan catatan pengamatan dilakukan selama tindakan berlangsung. Pelaksanaan tindakan pembelajaran terbagi menjadi tiga putaran yang terus meningkat setiap putarannya. Kolaborasi antara peneliti dengan guru bahasa Indonesia secara terus menerus menunjang kelancaran penelitian ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yang meliputi bertanya dan menjelaskan, serta tampil didepan kelas. Keterampilan bertanya siswa sebelum penelitian 0% setelah diadakan penelitian pada siklus I menjadi 7%, siklus II 18%, siklus III 20%. Keterampilan menjelaskan sebelum penelitian 0% pada siklus I menjadi 7%, siklus II 25%, siklus III 31%. Keberanian tampil di depan kelas juga mengalami peningkatan yang semula 0% pada siklus I menjadi 15%, siklus II 22%, siklus III 41%. Metode diskusi membuat peserta didik lebih tertarik belajar bahasa Indonesia. Metode diskusi membuat siswa belajar mengalami sendiri apa yang sedang dipelajari. Keaktifan peserta didik terlihat pada saat PBM berlangsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, bahasa Indonesia, diskusi, berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Mar 2012 10:37
Last Modified: 30 Mar 2012 10:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item View Item