Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa SMP N 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2011/2012

Astuti, Eny Dwi (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa SMP N 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) Keaktifan siswa kelas VIIIE SMP N 2 Banyudono dalam proses pembelajaran Biologi melalui strategi pembelajaran inquiring minds want to know dengan media gambar puzzle. 2) Hasil belajar siswa kelas VIIIE SMP N 2 Banyudono dalam pembelajaran Biologi melalui strategi pembelajaran inquiring minds want to know dengan media gambar puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiring minds want to know dengan media gambar puzzle yang dilakukan dalam dua sik-lus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif ku-alitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari sik-lus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneli-tian tindakan kelas adalah: 1) Peningkatan keaktifan siswa dalam kebera-nian bertanya pada siklus II sebesar 32,6%, keberanian menjawab perta-nyaan sebesar 41%, keberanian menanggapi pernyataan dari siswa lain 35,4% dan partisipasi siswa berupa tunjuk tangan sebesar 57,6%. 2) Pe-ningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 sebelum tinda-kan sebanyak 8 siswa (22,22%) dan mencapai 31 siswa (88,57%) pada sik-lus II. Kesimpulam penelitian ini adalah: 1) Penerapan strategi pembelaja-ran inquiring minds want to know dengan media gambar puzzle dapat me-ningkatkan keaktifan siswa kelas VIII E SMP N 2 Banyudono tahun ajaran 2011/2012. 2) Penerapan strategi pembelajaran inquiring minds want to know dengan media gambar puzzle dapat meningkatkan hasil belajar Bi-ologi siswa kelas VIII E SMP N 2 Banyudono tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-19
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran inquiring minds want to know, media gambar puzzle, keaktifan, hasil belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2012 10:39
Last Modified: 21 Jun 2012 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item View Item