IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Ariesta, Nina (2008) IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menganalisis dan menguji peningkatan keaktivan dan hasil belajar siswa melalui penerapan Improving Learning dengan metode Lembar Kerja Siswa (LKS). Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subyek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G, SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga putaran. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Keabsahan data didasarkan pada teknik triangulasi. Untuk kesinambungan dan kedalaman dalam pengajaran, data dalam penelitian ini dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa keaktivan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun peningkatanya adalah sebagai berikut: 1) sebelum tindakan tidak ada siswa yang berani bertanya (0%), setelah tindakan ada 10 siswa (27,03%). 2) sebelum tindakan siswa tidak ada siswa yang menjawab atau memberi pendapat (0%), setelah tindakan ada 15 siswa (40,54%). 3) sebelum tindakan keaktivan siswa dalam mengerjakan soal latihan adalah 0%, setelah tindakan 97,30% (36 siswa). 4) tingkat ketuntasan siswa juga mengalami kenaikan dari 6 anak (15,79%) pada tindakan pertama menjadi 25 siswa (67,57%) pada tindakan ketiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Improving Learning, Lembar Kerja Siswa (LKS), Keaktivan dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 02:18
Last Modified: 24 Oct 2011 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item