Pemanfaatan Lipstick Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Konsonen /s/ Pada Anak Tunarungu Wicara Kelas III B si SDLB YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Mubarok, Ahmad (2012) Pemanfaatan Lipstick Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Konsonen /s/ Pada Anak Tunarungu Wicara Kelas III B si SDLB YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu menggali pemanfaatan media lipstick untuk meningkatkan kemampuan melafalkan konsonan /s/ pada anak tunarungu wicara kelas III B di SDLB YRTRW Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah materi kemampuan melafalkan konsonan /s/ melalui media lipstick pada anak tunarungu wicara (ATR), sumber data yang diperoleh, yaitu media lipstick dalam meningkatkan pemahaman melafalakan konsonan /s/ pada anak tunarungu wicara kelas III B di SDLB YRTRW Surakarta, teknik analisis yang digunakan berupa teknik analisis induktif, diperoleh dari penelitian hasil wawancara, angket, dan pengamatan (observasi), kemudian dianalisis secara sistematis dan selanjutnya menjadi hipotesis. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa proses pelafalan fonem /s/ melalui media lipstick dilakukan dengan empat tahap, yaitu (1) kondisi awal, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga, (2) pelaksanaan PBM melafalkan konsonan /s/ melalui media lipstick pada kondisi awal belum efektif secara penuh tetapi pihak peneliti dan guru mengambil inisiatif menggunakan media OHP untuk memperlihatkan gambar jenis kosakata yang dipilih, yaitu sepeda, sawah, sapu, dan sapi, namun hasilnya kurang memuaskan atau belum mampu mencapai target tujuan pembelajaran, (3) pelaksanaan siklus pertama peran media lipstick terhadap kegiatan PBM melafalkan konsonan /s/ masih juga kurang berjalan efektif. Hal ini disebabkan oleh pemakaian lipstick guru kurang memenuhi standar yang ditetapkan sehingga keaktifan peserta didik ATR dalam menatap bibir guru maupun ketika proses pelafalan fonem /s/ berlangsung kurang memahami, (4) pelaksanaan siklus kedua dan ketiga peran media lipstick dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan melafalkan konsonan /s/ pada peserta didik ATR, meskipun masih terdapat dua peserta didik yang belum mampu melafalkan konsonan /s/ dengan benar dan jelas artikulasinya. Pemaparan tersebut didasarkan pada hasil identifikasi kemam

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A310/2012-06
Uncontrolled Keywords: Media lipstick, ATR, dan konsonan /s/.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2012 10:32
Last Modified: 19 Jun 2012 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item View Item