Mubarok, Ahmad (2012) Pemanfaatan Lipstick Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Konsonen /s/ Pada Anak Tunarungu Wicara Kelas III B si SDLB YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (253kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu menggali pemanfaatan media lipstick untuk meningkatkan kemampuan melafalkan konsonan /s/ pada anak tunarungu wicara kelas III B di SDLB YRTRW Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah materi kemampuan melafalkan konsonan /s/ melalui media lipstick pada anak tunarungu wicara (ATR), sumber data yang diperoleh, yaitu media lipstick dalam meningkatkan pemahaman melafalakan konsonan /s/ pada anak tunarungu wicara kelas III B di SDLB YRTRW Surakarta, teknik analisis yang digunakan berupa teknik analisis induktif, diperoleh dari penelitian hasil wawancara, angket, dan pengamatan (observasi), kemudian dianalisis secara sistematis dan selanjutnya menjadi hipotesis. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa proses pelafalan fonem /s/ melalui media lipstick dilakukan dengan empat tahap, yaitu (1) kondisi awal, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga, (2) pelaksanaan PBM melafalkan konsonan /s/ melalui media lipstick pada kondisi awal belum efektif secara penuh tetapi pihak peneliti dan guru mengambil inisiatif menggunakan media OHP untuk memperlihatkan gambar jenis kosakata yang dipilih, yaitu sepeda, sawah, sapu, dan sapi, namun hasilnya kurang memuaskan atau belum mampu mencapai target tujuan pembelajaran, (3) pelaksanaan siklus pertama peran media lipstick terhadap kegiatan PBM melafalkan konsonan /s/ masih juga kurang berjalan efektif. Hal ini disebabkan oleh pemakaian lipstick guru kurang memenuhi standar yang ditetapkan sehingga keaktifan peserta didik ATR dalam menatap bibir guru maupun ketika proses pelafalan fonem /s/ berlangsung kurang memahami, (4) pelaksanaan siklus kedua dan ketiga peran media lipstick dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan melafalkan konsonan /s/ pada peserta didik ATR, meskipun masih terdapat dua peserta didik yang belum mampu melafalkan konsonan /s/ dengan benar dan jelas artikulasinya. Pemaparan tersebut didasarkan pada hasil identifikasi kemam
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A310/2012-06 |
Uncontrolled Keywords: | Media lipstick, ATR, dan konsonan /s/. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Mar 2012 10:32 |
Last Modified: | 19 Jun 2012 07:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17599 |
Actions (login required)
View Item |