Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Eksperimentasi terhadap Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2011/2012)

KRISTANTA, BIKA (2012) Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Eksperimentasi terhadap Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (461kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 166 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas, uji linieritas, uji independensi, dan uji keberartian. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) motivasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika, (2) disiplin belajar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika, (3) motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Persentase sumbangan yang diberikan oleh motivasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 2,7%. Sumbangan efektif yang diberikan dari masing-masing variabel bebas yaitu motivasi dan displin belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 0,7% dan 2,0%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, disiplin belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 29 Mar 2012 10:28
Last Modified: 29 Mar 2012 11:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17598

Actions (login required)

View Item View Item