Penggunaan Media Iklan Untuk Meningkatkan Menulis Persuasi Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 4 SragenTahun Pelajaran 2010/2011

Astuti, Noer Fitria Dwi (2012) Penggunaan Media Iklan Untuk Meningkatkan Menulis Persuasi Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 4 SragenTahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia materi tentang penggunaan media iklan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Sebelum diberi tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan berbagai cara yaitu dengan memberikan pertanyaan untuk merangsang keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Subyek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Sragen yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara pelaksanaan tindakan kelas ini di lakukan melalui 2 Siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia materi Menulis Persuasi pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 4 Sragen dan yang aktif mendengarkan, bertanya, menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan media iklan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa sebanyak 11 ( 46 % ) siswa, setelah diadakan tindakan menggunakan media iklan, pada Siklus I keaktifan siswa meningkat 15 ( 56 % ) siswa, dan pada Siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 17 ( 72 % ) siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini menyatakan peningkatan kemampuan menulis persuasi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Sragen tahun pelajaran 2010/2011 terbuktikan dan dapat di terima keberadaannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media iklan, menulis persuasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2012 09:37
Last Modified: 29 Mar 2012 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17588

Actions (login required)

View Item View Item