Upaya Meningkatkan Ketrampilan Metakognitif Siswa Dalam Pemahaman Membaca Melalui Metode Reciprocal Teaching Pada Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 01 Peblengan Kecamatan Matesih Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Wulandari, Ayu (2012) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Metakognitif Siswa Dalam Pemahaman Membaca Melalui Metode Reciprocal Teaching Pada Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 01 Peblengan Kecamatan Matesih Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa melalui metode reciprocal teaching bagi siswa kelas IV SD Negeri 01 Pablengan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif,peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri 01 Pablengan Kecamatan Matesih. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Rancangan Penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisa data yang digunakan adalah model analisis kritis yaitu mencakup kegiatan untuk mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Analisis data dilakukan bersama-sama antara guru dengan peneliti sebab penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kerjasama antara peneliti dengan guru. Analisis keterampilan siswa dalam pemahaman membaca mencakup kemampuan siswa dalam menemukan kalimat utama, pokok pikiran, dan mengklarifikasi istilah-istilah yang belum di pahami siswa, serta menceritakan kembali ringkasan isi cerita teks bacaan. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV melalui metode pembelajaran Reciprocal Teaching terbukti pada pra tindakan yang mencapai KKM rata-rata 66%,pada siklus I meningkat menjadi 67,5%,pada siklus II meningkat menjadi 73,9%, jadi pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 73,9% siswa yang mencapai nilai diatas nilai KKM yaitu 7,0.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Membaca Siswa, Reciprocal Teaching.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2012 05:58
Last Modified: 29 Mar 2012 05:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17578

Actions (login required)

View Item View Item