Wulandari, Ayu (2012) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Metakognitif Siswa Dalam Pemahaman Membaca Melalui Metode Reciprocal Teaching Pada Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 01 Peblengan Kecamatan Matesih Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa melalui metode reciprocal teaching bagi siswa kelas IV SD Negeri 01 Pablengan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif,peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri 01 Pablengan Kecamatan Matesih. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Rancangan Penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisa data yang digunakan adalah model analisis kritis yaitu mencakup kegiatan untuk mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Analisis data dilakukan bersama-sama antara guru dengan peneliti sebab penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kerjasama antara peneliti dengan guru. Analisis keterampilan siswa dalam pemahaman membaca mencakup kemampuan siswa dalam menemukan kalimat utama, pokok pikiran, dan mengklarifikasi istilah-istilah yang belum di pahami siswa, serta menceritakan kembali ringkasan isi cerita teks bacaan. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV melalui metode pembelajaran Reciprocal Teaching terbukti pada pra tindakan yang mencapai KKM rata-rata 66%,pada siklus I meningkat menjadi 67,5%,pada siklus II meningkat menjadi 73,9%, jadi pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 73,9% siswa yang mencapai nilai diatas nilai KKM yaitu 7,0.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Membaca Siswa, Reciprocal Teaching. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Mar 2012 05:58 |
Last Modified: | 29 Mar 2012 05:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17578 |
Actions (login required)
View Item |