Pratiwi, Renia Nindy (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kauman Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (113kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun 2011/2012; 2) pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun 2011/2012; 3) pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas II SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 90 siswa. Data diperoleh dengan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 22,719+ 0,289X1 + 0,443X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional (EQ) dan kreativitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kecerdasan emosional (EQ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,069 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,042 dengan sumbangan efektif sebesar 5,116%; 2) Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,501 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 19,434%; 3) Kecerdasan emosional (EQ) dan kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,77 > 3,101 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,035; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,246 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun 2011/2012, adalah sebesar 24,6% sedangkan 75,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional (EQ), Kreativitas Belajar Dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 10:22 |
Last Modified: | 28 Mar 2012 10:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17563 |
Actions (login required)
View Item |