Darmadi, Darmadi (2012) Eksperimen Strategi contextual Teaching Learning dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Jatipurno (Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (302kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian, untuk menganalisis dan menguji, (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatipurno yang berjumlah 114 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa, yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, ini berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa, maka semakin rendah pula prestasi belajarnya, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 07:07 |
Last Modified: | 28 Mar 2012 07:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17555 |
Actions (login required)
View Item |